Pengertian Desain Grafis
Desain grafis merupakan suatu bentuk dari komunikasi visual yang memanfaatkan gambar sebagai media untuk menyampaikan pesan atau informasi seefektif mungkin.
Desain adalah metode perancangan estetika yang didasari dengan kreatifitas, sedangkan grafis adalah ilmu dari perancangan titik maupun garis sehingga akan membentuk sebuah gambar yang dapat memberikan informasi serta berhubungan dengan proses pencetakan.
Jenis Desain Grafis
Adapun beberapa jenis dari desain grafis yang sering digunakan, diantaranya adalah sebagi berikut:
1. Drafter
Fungsi: membuat rancangan bangunan atau yang berkaitan dengan arsitektur atau industri.
Info:
- memerlukan ketelitian yang tinggi.
Aplikasi yang dapat biasa digunakan: autocad, archicad, 3D revit architecture
2. Editor
Fungsi: membuat cover atau sampul, banner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan yang lainnya.
Info:
- sering dibutuhkan dalam dunia publikasi dan periklanan.
Aplikasi yang dapat biasa digunakan: adobe photoshop, corel draw, illustrator
3. Layouter
Fungsi: membuat tatanan letak pada koran atau majalah agar enak dipandang.
Info:
- sering dibutuhkan dalam dunia percetakan.
Aplikasi yang dapat biasa digunakan: MS.publisher, adobe page maker, adobe InDesign
4. Art Director
Fungsi: membuat karya seni berupa visual effect atau hiasan.
Info:
- memerlukan kreatifitas yang tinggi.
Aplikasi yang dapat biasa digunakan: photoshop, corel draw, Art creator, photo paint
5. Fotografer
Fungsi: untuk pengeditan foto.
Info:
- harus mempunyai keahlian yang tinggi dalam fotografi
- jago mengedit foto sesuai dengan event yang perfect
- memerlukan kreatifitas yang tinggi
Prinsipnya pun hampir sama dengan desain lainnya, seperti:
- Ruang Kosong (White Space)
- Keseimbangan (Balance)
- Kejelasan (Clarity)
- Ritme (Rhythm)
- Kesederhanaan (Simplicity)
- Tekanan (Point of Interest atau Emphasis)
- Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)
Secara garis besar, terdapat 10 elemen desain, diantaranya yaitu:
- Line (Garis)
- Form & Space (Bentuk & Ruang)
- Color (Warna)
- Type (Teks)
- Texture & Image (Tekstur & Gambar)
- Balance (Keseimbangan)
- Contrast (Kontras)
- Continuity (Kontinuitas)
- Repetition (Repetisi)
- Unity (Kesatuan).
Keterampilan Desain Grafis
Berikut beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia desain grafis:
1. Seni Visual
Ilmu yang termasuk ke dalam seni visul yaitu: fotografi dan digital imaging.
2. Tipografi
Tipografi merupakan seni dalam merancang, menyusun, dan memodifikasi huruf seestetik mungkin.
Untuk membuat tipografi pun ada beberapa peraturan tertentu, diantaranya:
- ukuran huruf
- jenis huruf
- tracking (jarak antar huruf secara umum)
- kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik)
- leading (jarak antar baris)
3. Tata Letak
Seni dalam menyusun konten atau elemen yang terdapat di dalam suatu halaman dengan tujuan untuk memberikan kenyamanan kepada pembaca.
Keterampilan tata letak ini biasanya digunakan dalam dunia percetakan seperti: majalah, buku, koran, tabloid atau yang lainnya.
4. Desain Interaksi
Sejak perkembangannya dalam dunia teknologi informasi, para desainer grafis mulai merancang tampilan dari perangkat lunak (Antarmuka Pengguna Grafis atau APG (Inggris: Graphical User Interface (GUI)) serta tampilan dari halaman web.
Desainer grafis tersebut bekerja sama dengan para pengembang situs web atau pengembang software dalam merancang tampilan.
5. Pewarnaan
Seorang desainer harus dapat mengaplikasikan warna dengan tepat sehingga akan membuat suatu karya yang enak untuk dipandang.
6. Penguasaan Software
Untuk menunjang kegiatan desain supaya lebih mudah.
7. Sketsa
Seorang desainer harus dapat membuat suatu sketsa atau rancangan mengenai karya yang akan diciptakan secara baik dan benar.
Pada awalnya, desain grafis hanya diterapkan pada media statis seperti buku, majalah, dan brosur.
Namun seiring berkembangnya teknologi, desain grafis juga telah diterapkan dalam dunia elektronik dan disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Bahkan juga di dunia gamepedia
Aplikasi dalam Dunia Desain
1. Desain Grafis
Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam desain grafis:
- Adobe Photoshop
- Adobe image ready
- AirBrush
- Coreldraw
- Infinite Design
- dll.
2. Webdesign
Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam webdesing:
- Adobe Dreamweaver
- Web Builder Visual (Wysiwyg editor)
- Notepad
- Adobe Photoshop
- CoffeCup HTML editor
- dll.
3. Audiovisual
Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam audiovisual:
- Adobe Flash atau sebelumnya bernama Macromedia Flash
- Power Director
- Ulead Video Studio
- Final Cut
- Adobe After Effect
- dll.
4. Rendering 3 Dimensi
Berikut beberapa perangkat lunak atau aplikasi yang biasa digunakan dalam rendering 3 dimensi:
- Cinema 4d
- Softimage
- Google SketchUp
- Light Wave
- 3D StudioMax
- dll.
Dampak Positif
Dapat memperkenalkan karyanya secara luas melalui media internet.
- Bisa mempelajari ilmu desain grafis dengan lebih mudah serta akan memperkaya teknik dalam proses pembuatan seni melalui internet.
- Karya dalam yang berwujud foto bisa terlihat lebih lembut dengan melakukan proses pengeditan.
Dampak Negatif
Karya dapat dicuri atau biasa disebut sebagai plagiat.
Sebab perkembangan teknologi yang semakin canggih, tak elak jika desain grafis manual akan lebih mudah ditinggalkan.
Comments
Post a Comment